Halving Bitcoin adalah Peristiwa Penting dalam Dunia Kripto, Ini Penjelasan Lengkapnya

Cryptolab  
Halving Bitcoin adalah Peristiwa Penting dalam Dunia Kripto, Ini Penjelasan Lengkapnya. (ilustrasi)

GENPOP -- Bagi kamu yang baru terjun ke dunia kripto, sangat penting untuk mengetahui apa itu Halving Bitcoin. Semakin mengetahui informasi update soal Bitcoin, maka semakin besar pula potensi kamu meraup keuntungan besar.

Lantas sebetulnya apa itu Halving Bitcoin dan Mengapa Selalu Dinanti?

Apa itu Halving Bitcoin?

Halving Bitcoin adalah peristiwa penting dalam dunia kripto di mana imbalan Bitcoin bagi para penambang dipotong setengahnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Halving yang akan datang, yang dipatok oleh Bitcoin Halving Countdown pada 14 April 2024, akan mengakibatkan imbalan penambangan turun menjadi 3,125 BTC. Peristiwa inilah yang biasanya memicu lonjakan harga.

Mengapa Halving Bitcoin Selalu Dinanti?

Halving Bitcoin selalu ditunggu-tunggu karena ini adalah momen ketika imbalan penambangan bitcoin dipotong setengahnya, dan terjadi setiap empat tahun.

Kebijakan halving dimasukkan ke dalam algoritma penambangan bitcoin untuk melawan inflasi dengan mempertahankan kelangkaan. Secara teori, penurunan laju penerbitan bitcoin berarti harga akan naik jika permintaan tetap sama.

CEO CoinRoutes, David Weisberger, menjelaskan saat ini Bitcoin memiliki tingkat inflasi kurang dari 2 persen, yang akan menurun seiring dengan halving lebih lanjut. Angka tersebut terlihat cukup bagus dibandingkan dengan tingkat inflasi tahunan Australia yang sebesar 7 persen.

Keuntungan dari Halving Bitcoin

Chris Kline, chief operating officer Bitcoin IRA mengatakan, kelangkaan produksi Bitcoin adalah hal yang menentukan keterbatasannya. Ketika imbalan dari penambangan tersebut turun, pasokan pun menjadi terbatas.

Nah, dalam kondisi itu, kalau pasokan Bitcoin terbatas atau dengan kata lain yakni dibatasi, tetapi di sisi lain permintaannya tetap sama, tentu akan berdampak pada harga. Harga tentu akan mengalami kenaikan.

Seperti hukum supply and demand. Ketika pasokan langka dan permintaan banyak, tentu harga menjadi mahal.

"Meningkatnya permintaan pada saat pasokan terbatas berdampak positif pada harga, yang dapat membuat bitcoin menarik bagi investor," kata Chris Kline.

Cara Kerja Halving Bitcoin

Jaringan validator yang terdesentralisasi memverifikasi semua transaksi bitcoin dalam proses yang disebut penambangan.

Mereka dibayar 6,25 BTC ketika mereka menjadi orang pertama yang memverifikasi blok transaksi, dengan menggunakan matematika kompleks untuk menambahkannya ke blockchain bitcoin sebagai bagian dari mekanisme bukti kerja.

Pada harga bitcoin saat ini, 6,25 BTC bernilai sekitar 148 ribu dolar, sebuah insentif yang layak bagi para penambang untuk terus menambahkan blok transaksi bitcoin.

Blok transaksi tersebut ditambahkan kira-kira setiap 10 menit, dan kode bitcoin menyatakan bahwa imbalan bagi penambang berkurang setengahnya setelah setiap 210,000 blok dibuat. Hal ini terjadi kira-kira setiap empat tahun dalam periode yang sering kali disertai dengan meningkatnya volatilitas harga bitcoin.

Disclaimer: Pasar crypto sangat spekulatif, berisiko, dan sebagian besar tidak diatur. Siapapun yang mempertimbangkan untuk berinvestasi di dalamnya harus menyadari bahwa ada risiko kehilangan seluruh investasi mereka.

BACA JUGA: Prediksi Harga Bitcoin Tahun 2024

BACA JUGA: Harga Bitcoin pada Tahun 2024 Diprediksi Bakal Naik Signifikan

BACA JUGA: Prediksi Harga Bitcoin Menurut Robert Kiyosaki

BACA JUGA: Ternyata Robert Kiyosaki Lebih Suka Bitcoin ketimbang Saham

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image