Menteri PPPA Salurkan Bantuan Spesifik Anak di 11 Titik se-Jadetabek

Umum  

JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyalurkan paket bantuan spesifik bagi anak di 11 titik di wilayah Jabodetabek.

Penyerahan bantuan itu dilakukan jelang peringatan Hari Anak Nasional (HAN) pada 23 Juli 2024.

"Kami harapkan ada dialog yang lebih intensif dan yang menjadi harapan anak-anak itu biaya, kita akomodiasi dan carikan bersama solusinya," kata Bintang saat mengunjungi Sekolah Inspirasi Indonesia, di Kota Bekasi, Jawa Barat pada Rabu (3/7/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bintang menyampaikan perlunya komitmen lintas kementerian/lembaga guna menjamin terpenuhinya hak-hak anak di Indonesia. Sebab Bintang menyadari kerja pemenuhan hak anak tak bisa dilakukan sendiri oleh Kementerian PPPA.

"Kementerian tidak bisa sendiri, butuh komitmen lintas kementerian/lembaga, yaitu pemerintah daerah, dunia usaha, masyarakat yang bisa melakukan pendampingan secara berkelanjutan di beberapa titik yang membutuhkan kehadiran pelayanan," ujar Bintang.

Bintang menekankan permasalahan yang dialami anak-anak di berbagai daerah menjadi tantangan bagi pemerintah untuk menindaklanjutinya dan mencari jalan keluar. Salah satu caranya dengan penyaluran bantuan.

"Kami berikan bantuan 3 ton ikan yang kita bagi ke 11 titik ini, kemudian ada alat-alat sekolah, kemudian ada buku juga dari kementerian pendidikan dan dari kami dari kementrian PPPA ada pemenuhan kebutuhan spesifik anak," ucap Bintang.

Bintang menegaskan pemenuhan kebutuhan belajar anak sangat urgen. Sehingga Pemerintah wajib turun tangan melayani pemenuhan hak anak di Tanah Air.

"Pemenuhan hak anak itu harus kita penuhi semuanya karena anak ini bukan merupakan tanggung jawab anaknya saja tapi anak ini anak indonesia. Negara harus hadir," ucap Bintang.

Diketahui, Bintang dalam kunjungannya mendatangi TK Inspirasi Indonesia yang merupakan sekolah gratis bagi anak-anak di Lapak Pemulung Bintara Bekasi. TK itu berdiri sejak tahun 2017.

Selain TK Inspirasi, bantuan bagi anak turut disalurkan ke 10 titik lainnya yaitu Komunitas Kelas Jurnalis Cilik Cilincing, Jakarta Utara; Sekolah Darurat Ibu Kembar, Jakarta Utara; Lembaga Perlindungan Khusus Anak (LPKA) Jakarta; LPKA Tangerang; Kampung Pemulung Cinere, Depok; Sekolah Kami, Bintara, Bekasi; Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa Tangerang Selatan; SD Dinamika Indonesia, Bantar Gebang; Sekolah Rakyat Ancol, dan Yayasan Vina Smart Era Foundation Jakarta Barat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image