Apa Surat yang Diutamakan Dibaca pada Malam Jumat?

Khazanah  

Hal lain yang dilakukan Nabi Khidir yaitu memperbaiki dinding rumah yang hampir runtuh karena di bawahnya terdapat harta peninggalan orang tua yang kelak berguna untuk masa depan dua anak yatim.

Kiai Ahsin mengatakan, melalui kisah Nabi Khidir dalam Surat Al-Kahfi, setiap Muslim dituntut untuk percaya pada sesuatu yang ghaib, dalam hal ini Hari Kiamat. Sebab, ada ilmu yang tidak diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia karena berbahaya jika diberikan. Tetapi, ilmu tersebut ada seperti dalam kisah Nabi Khidir.

Hari Kiamat adalah hari yang Allah tidak beritahukan kepada makhluknya, sehingga biarlah kita mempersiapkan diri menghadapi kiamat. Kalau diberitahu maka tidak lagi ghaib hari kiamat itu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Surat Al-Kahfi juga membahas tentang Zulkarnain, Dajjal, dan Ya'juz dan Ma'juz sebagai tanda di Hari Kiamat nanti akan keluar makhluk perusak. "Artinya seorang Muslim perlu menyadari konten-konten yang seperti itu dengan membaca Surat Al-Kahfi.

Setelah melewati malam Jumat, Nabi Muhammad SAW pada shalat Subuh hari Jumatnya membaca Surat As-Sajdah pada rakaat pertama dan Al-Insan pada rakaat kedua.

Surat As-Sajdah menjelaskan tentang Hari Kiamat dan nasib manusia pada akhir zaman. Ada manusia yang beruntung dan manusia yang celaka.

"Dengan membaca Alquran yang disesuaikan dengan munasabahnya, harapannya orang yang membaca surat tersebut akan menghayatinya karena ada banyak sekali hikmah atau pelajaran yang bisa dijadikan sebagai bekal untuk kehidupan," terang Kiai Ahsin.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image