Tips Wawancara Kerja yang Sering Diabaikan Padahal Sangat Penting

Umum  
Tips Wawancara Kerja yang Sering Diabaikan Padahal Sangat Penting. (ilustrasi)

GENPOP -- Buat kamu yang sebentar lagi masuk tahap wawancara kerja, harus tahu apa saja tips yang perlu diperhatikan. Tips wawancara kerja berikut ini sering kali diabaikan, tetapi sebetulnya sangat penting agar wawancara berjalan lancar.

Namanya anak muda, harus semangat dalam menjalani kehidupan yang terus berjalan. Jangan sampai waktu menganggur digunakan untuk berbagai hal yang tidak bermanfaat. Waktu menganggur harus dimanfaatkan untuk mengirim banyak lamaran kerja.

Tidak dipungkiri lagi, saat ini ada banyak anak-anak muda yang sedang aktif mengirim lamaran kerja agar bisa memperoleh penghasilan. Dalam proses pengiriman lamaran kerja ini, mungkin ada banyak yang gagal tetapi ada sedikit yang nyangkut hingga kemudian dihubungi oleh perusahaan yang kamu lamar.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Agar bisa lolos tahap wawancara, kamu perlu memperhatikan segala hal supaya bisa tampil penuh percaya diri. Sekali saja kamu melakukan kesalahan, bisa saja berakhir buruk dan harapan kerja pun pupus.

Berikut ini penjelasan tentang tips wawancara kerja agar lolos diterima dan penuh percaya diri

Tips Wawancara Kerja

1. Tidur jangan larut malam.

Tips ini sering diabaikan. Padahal kalau kamu begadang atau tidur pada larut malam, dampaknya bisa negatif buat kamu. Misalnya kamu menjadi telat bangun. Atau setidaknya kepala kamu menjadi pusing dan tidak bisa fokus saat diwawancara. Karena itu, pastikan kamu tidur yang cukup.

2. Sholat tahajud

Setelah mengatur waktu tidur dengan baik, maka pastikan kamu bisa bangun malam untuk menunaikan sholat tahajud. Setelah sholat tahajud, ucapkan doa kepada Allah SWT agar kamu diterima kerja. Atau minta agar kamu diberikan pekerjaan dan gaji terbaik.

3. Jangan sampai telat bangun tidur

Tips ketiga adalah tidak boleh telat bangun tidur. Usahakan kamu bangun di waktu Subuh untuk menunaikan sholat wajib tersebut. Setelah sholat Subuh, matangkan diri kamu untuk persiapan wawancara kerja. Di waktu pagi inilah, kamu punya waktu emas untuk mematangkan kompetensi atau skill kamu.

4. Datang sebelum jadwal wawancara kerja

Tips keempat ini juga tidak boleh ketinggalan. Misalnya waktu wawancara dimulai pada jam 9 pagi, maka sebaiknya kamu sudah harus datang pada satu jam sebelumnya atau 30 menit sebelumnya.

Kedatangan sebelum jadwal wawancara menunnjukkan bahwa kamu adalah orang yang on time dan rajin. Tentu ini akan berdampak positif untuk kamu. Atur waktu sebaik mungkin dan hitung kemungkinan macet di jalan yang akan kamu alami. Agar tepat waktu tiba di lokasi perusahaan.

5. Tunjukkan penampilan yang meyakinkan

Tips berikutnya adalah kamu harus berpenampilan menarik dan meyakinkan. Setelan atas harus kemeja, dan jangan gunakan kaos. Gunakan celana bahan dan jangan pakai celana jeans. Sisir rambut dengan rapi dan jangan sampai terlihat acak-acakan.

Jangan pula menggunakan sandal. Pakailah sepatu warna gelap. Intinya, tunjukkanlah penampilan yang sopan, rapi dan menarik.

6. Pastikan kamu memahami bidang kerja yang dilamar

Sebelum masuk ruangan untuk wawancara kerja, kamu harus pastikan kompetensi yang kamu miliki pada bidang atau posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kamu harus siapkan 'peluru' sebelum masuk tahap wawancara kerja. Pelurunya adalah kompetensi dan kematangan skill kamu.

7. Bicara depan kaca

Supaya kamu tidak gugup, bicaralah di depan kaca seolah olah kamu sedang diwawancara kerja. Bicaralah tentang siapa diri kamu, apa kemampuanmu dan apa kelebihan yang kamu punya. Fokus pada kemampuan yang kamu miliki.

Misalnya kamu sedang melamar kerja untuk posisi front end developer, maka sampaikan bahwa kamu memiliki kemampuan kamu dalam hal coding dan sebagainya. Dan juga sampaikan kelebihan kamu dibandingkan pelamar lain. Misalnya kamu mampu mengerjakan coding dalam waktu yang cepat.

Itulah penjelasan kami tentang tips wawancara kerja yang sering diabaikan tetapi penting untuk kamu ketahui. Pastikan poin-poin tersebut dilakukan dengan baik agar kamu bisa diterima kerja.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image