Pengertian Belajar yang Wajib Kamu Pahami

Umum  
Pengertian belajar yang penting diketahui. (ilustrasi)

GENPOP -- Setiap manusia tidak ada waktu berhenti belajar. Setiap waktu dan usia yang dilewatinya adalah proses untuk terus belajar. Namun, pada sebagian kalangan, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang pengertian belajar yang sesungguhnya.

Pemahaman tentang apa itu belajar dan pengertiannya dibutuhkan oleh setiap pelajar yang sekarang ada dalam proses mengenyam pendidikan baik di sekolah dan pendidikan tinggi.

Pengertian belajar telah dijelaskan dalam buku berjudul "Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis". Buku ini ditulis oleh Dr. Ahdar Djamaluddin, S.Ag., S.Sos., M.Pd.i dan Dr. Wardana, M.Pd.I.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam buku tersebut diterangkan bahwa belajar merupakan proses atau usaha setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari.

Dari penjelasan tersebut, bisa dipahami bahwa belajar adalah proses, bukan hasil. Jadi setiap insan seharusnya dapat terus belajar agar ia memperoleh kualitas perilaku terbaik, pengetahuan dan skill.

Lebih lanjut, buku tersebut juga menjelaskan definisi belajar dari berbagai pandangan. Berikut ini pengertian belajar dari beragam pendapat.

Memahami Pengertian Belajar

1. Pandangan M. Sobry Sutikno

Dalam pandangan M. Sobry Sutikno, belajar adalah proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan perubahan baru dari hasil pengalamannya sendiri saat melakukan interaksi dengan lingkungannya.

Perubahan yang dimaksud, tentu dilakukan secara sadar atau disengaja, untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Pandangan Thursan Hakim

Berdasarkan pandangan Thursan Hakim, belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian manusia dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku. Misalnya peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya fikir, dan kemampuan lainnya.

3. Pandangan Hilgard & Bower

Adapun menurut Hilgard & Bower, belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang terhadap suatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi tersebut.

Tujuan utama belajar yakni untuk memperoleh dan meningkatkan tingkah laku manusia dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap positif, dan berbagai kemampuan lainnya.

4. W.S. Winkel

Pengertian belajar menurut Winkel dalam "Psikologi Pengajaran", yaitu suatu aktivitas mental ataupun psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, hingga menghasilkan perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai- nilai sikap. Perubahan ini sifatnya relatif konstan dan berbekas.

5. S. Nasution MA

Adapun pengertian belajar menurut Nasution, dijelaskan dengan sederhana. Menurutnya, belajar merupakan proses perubahan kelakuan, pengalaman dan latihan. Belajar membawa suatu perubahan pada setiap individu yang melakukan kegiatan belajar.

Masih menurut Nasution, perubahan dari belajar ini tidak hanya berkenaan dengan sejumlah pengalaman, pengetahuan, melainkan juga membentuk kecakapan, kebiasaan, sikap, pengertian, minat, penyesuaian diri. Aspek yang diliputinya ialah aspek organisasi atau pribadi individu yang belajar.

Kesimpulan

Dari penjelasan tersebut, pengertian belajar dapat dimaknai sebagai suatu proses dari kondisi sebelumnya yang tidak tahu menjadi tahu, baik dari aspek tingkah laku, pengetahuan, keterampilan, pemahaman dan sebagainya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image