Tips Agar Suami Istri Harmonis Walaupun LDM

Gaya Hidup  
LDM atau Long Dinstance Marriage menjadi isu yang sering diperbincangkan oleh pasangan muda akhir-akhir ini. (Pixabay)

GENPOP -- LDM atau Long Dinstance Marriage menjadi isu yang sering diperbincangkan oleh pasangan muda akhir-akhir ini. Pasalnya, banyak pasangan suami istri yang akhirnya harus menjalani hubungan jarak jauh akibat beberapa hal.

LDM menjadi pilihan yang diambil oleh beberapa pasangan karena faktor ekonomi dan internal keluarga. Misalkan, karena pekerjaan suami yang berpindah-pindah.

Selain itu, biaya hidup di tempat tinggal sebelumnya dan tempat kerja pasangan juga menjadi salah satu faktor yang membuat mereka memutuskan untuk LDM.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Banyak yang beranggapan bahwa kehidupan LDM akan sangat menyiksa pasangan suami istri. Bagaimana tidak, jarak yang memisahkan keduanya, dianggap membuat mereka lama-lama akan kehilangan komitmen.

Namun nyatanya, ada juga pasangan yang berhasil melewati masa-masa LDM sampai mereka bisa bersatu lagi di atap yang sama. Lantas bagaimana mempertahankan hubungan pernikahan di tengah kondisi LDM?

Tentu saja usaha mempertahankan hubungan ini tidak boleh hanya dilakukan oleh seorang. Misalkan hanya oleh suami atau istri saja.

Keduanya harus benar-benar berkomitmen menjaga agar hubungan mereka tetap harmonis. Jika melihat teknologi yang canggih saat ini, rasanya upaya mempertahankan hubungan akan berjalan lebih mudah.

Suami istri bisa terus berkomunikasi setiap saat melalui ponsel atau berbagai platform media sosial lainnya. Selain itu, moda transportasi yang digunakan juga beragam, sehingga memungkinkan kita untuk menemui pasangan dalam waktu yang lebih singkat.

Kunci utama mempertahankan hubungan pernikahan sendiri adalah komunikasi. Jadi jika kamu ingin terus berhubungan baik dengan pasangan walaupun LDM, tetap lah berkomunikasi dengan pasangan.

Ingat, komunikasi yang harus kamu lakukan adalah komunikasi yang sehat ya. Bukan komunikasi yang hanya sekedar formalitas.

Jika komunikasimu dengan pasangan berjalan baik, pernikahanmu pasti akan terus harmonis walau LDM. Sebaliknya, jika komunikasimu tidak baik, kamu pasti akan menghadapi berbagai kesulitan walaupun tinggal seatap dengan pasangan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image