Penting Dipahami Bunda, Anak Berpotensi Punya Masalah Kesehatan Mental Seumur Hidup

Gaya Hidup  
Ilustrasi -- Anak-anak balita menghadapi kondisi kesehatan mental seumur hidup. (Republika)

GENPOP -- Royal College of Psychiatrists memperingatkan bahwa anak-anak balita berisiko menderita kondisi kesehatan mental seumur hidup yang dapat dicegah dengan perawatan dan dukungan yang tepat.

Dilansir dari socialcare.today pada Kamis, 26 Oktober 2023, Kolese tersebut telah menerbitkan laporan yang menyerukan kepada pemerintah untuk memprioritaskan kesehatan mental bayi dan anak kecil.

Setengah dari kondisi kesehatan mental muncul pada usia 14 tahun dan banyak di antaranya mulai berkembang pada tahun-tahun pertama kehidupan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di Inggris sebelum pandemi Covid, lebih dari 100.000 (5,5%) anak usia dua hingga empat tahun berjuang dengan kecemasan, gangguan perilaku, dan gangguan perkembangan saraf.

Kebanyakan bayi, anak di bawah 5 tahun dan orang tua mereka tidak menerima dukungan yang mereka perlukan untuk mengatasi masalah ini selama dan setelah kehamilan.

Layanan kesehatan mental kekurangan sumber daya dan pelaksanaan yang tidak konsisten menyebabkan kesehatan mental anak-anak dalam jangka pendek dan jangka panjang berada pada risiko yang signifikan.

Kolese tersebut meminta pemerintah untuk memperkenalkan layanan spesialis baru dan memastikan setiap keluarga memiliki akses terhadap dukungan yang mereka butuhkan, di mana pun mereka tinggal.

Kolese ini juga mendesak pengembangan strategi anak usia dini lintas pemerintah, rencana tenaga kerja dan pelatihan, serta peningkatan pengumpulan data mengenai hasil anak usia dini untuk lebih memahami dan mendukung anak-anak.

Laporan tersebut memperingatkan bahwa kegagalan untuk secara efektif mengatasi kurangnya intervensi dini dapat melanggar undang-undang dan hak anak di bawah 5 tahun atas kesehatan mental berdasarkan Pasal 24 Konvensi PBB tentang Hak Anak (UNCRC).

Dr Trudi Seneviratne, registrar Royal College of Psychiatrists mengatakan, periode dari konsepsi hingga usia lima tahun sangat penting dalam menjamin perkembangan sehat anak-anak hingga dewasa.

Sayangnya, tahun-tahun ini sering kali tidak dianggap penting, dan banyak orang tidak menyadari tanda-tanda apa yang harus mereka waspadai.

Orang tua, pengasuh dan masyarakat secara keseluruhan mempunyai peran penting. Hal ini termasuk mengamankan hubungan positif dan lingkungan pengasuhan yang mendukung landasan perkembangan sosial emosional dan kognitif anak.

Mayoritas anak di bawah 5 tahun dengan kondisi kesehatan mental tidak menerima tingkat dukungan yang diperlukan untuk membantu mereka menjadi orang dewasa yang produktif, berfungsi, dan mencapai potensi mereka sepenuhnya.

Itu sebabnya pemerintah harus menyediakan layanan komprehensif di setiap lingkungan dan wilayah untuk memastikan tidak ada keluarga yang harus berjuang sendirian.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image