5 Cara Jitu Berhenti Minum Alkohol, Segera Lakukan!

Gaya Hidup  
5 Cara untuk Berhenti Minum Alkohol dengan mudah dan dapat dipraktikan di rumah. (Pixabay)

GENPOP -- Banyak orang yang menyadari dampak buruk minum alkohol. Namun mereka sulit untuk berhenti dari kecanduan minum miras. Lantas bagaimana cara agar kamu bisa berhenti minum alkohol?

Dilansir dari womanandhome.com pada Senin, 30 Oktober 2023, ada beberapa hal praktis yang bisa kamu lakukan di rumah untuk berhenti minum alkohol. Simak penjelasannya di bawah ini;

1. Musnahkan semua alkohol yang ada di rumah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Anda mungkin tergoda untuk tetap berpegang pada botol bir, anggur, dan minuman beralkohol yang belum diminum sambil berpikir bahwa botol tersebut akan diminum oleh orang lain di lain waktu.

Namun Jacqueline Carson, seorang hipnoterapis klinis dan psikoterapis, mengatakan pendekatan terbaik adalah dengan menuangkannya ke wastafel.

“Jangan berikan begitu saja, tuangkan ke wastafel,” sarannya. Jika Anda memberikannya kepada orang lain, Anda akan terus berpikir bahwa Anda telah merampas sesuatu yang baik secara tidak sadar.

Dengan membuangnya, Anda memberi diri Anda pesan bawah sadar yang sangat jelas bahwa itu beracun dan berbahaya bagi Anda dan itu kamu telah memutuskan untuk menjaga dirimu dan kesehatanmu.

2. Beritahu orang-orang tentang keputusanmu

Mungkin terasa menakutkan untuk memberi tahu keluarga dan teman-teman, yang mungkin pernah menikmati minuman bersama Anda di masa lalu, bahwa Anda akan minum alkohol selamanya, tetapi itu akan membuat segalanya lebih mudah, kata Smriti Joshi, seorang psikolog yang berspesialisasi dalam kecanduan.

“Keluarga dan teman dapat memberikan dorongan, menjadi mitra akuntabilitas, atau bahkan bergabung dengan Anda dalam upaya baru Anda,” katanya.

Carson setuju - tetapi juga menyarankan Anda membuat batasan seputar orang yang Anda cintai dan alkohol.

“Jika mereka memilih untuk minum, mintalah mereka melakukan ini saat Anda tidak ada dan jangan memamerkannya di depan Anda,” katanya.

Anda tidak perlu memberi mereka penjelasan lengkap mengapa Anda tidak ingin minum lagi jika Anda juga tidak mau. Yang terpenting adalah mereka menghormati keputusan Anda.

3. Tulis semua alasanmu ingin berhenti minum alkohol

Tuliskan semua alasanmu ingin berhenti minum alkohol, hasil apa yang ingin kamu capai, dan manfaat tidak minum alkohol lagi.

“Catat sebanyak yang Anda bisa dan jujurlah pada diri sendiri, bacalah ini setiap pagi, bawalah, dan bacalah secara berkala sepanjang hari. Anda juga bisa menuliskan konsekuensi jika terus minum di sini,” kata Carson.

4. Pahami apa hal yang memicumu untuk minum alkohol

Senada dengan itu, Joshi menyarankan mereka yang ingin belajar cara berhenti mengonsumsi alkohol agar bisa melihat dengan baik pemicu di balik keinginan untuk minum alkohol.

Dengan begitu, kemungkinan besar Anda bisa menghindari keinginan tersebut sepenuhnya.

5. Ubah Kebiasaanmu

Salah satu pemicunya mungkin saja pulang kerja dan duduk di sofa. Jika Anda terbiasa duduk setelah bekerja, setelah makan malam, bersama pasangan, dan sebagainya sambil memegang minuman di tangan, itu adalah sesuatu yang perlu diubah.

Selain menemukan salah satu alternatif terbaik selain minuman beralkohol, pelatih pemulihan Elizabeth Walker menyarankan tindakan yang lebih drastis.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image