Rahasia Surat Yasin yang Jarang Disadari

Khazanah  
Rahasia Surat Yasin yang Jarang Disadari. (dok. Republika)
Rahasia Surat Yasin yang Jarang Disadari. (dok. Republika)

GENPOP -- Lembaga fatwa Mesir, Dar Al Ifta Mesir, menguraikan pemaparan ihwal keutamaan baca Surat Yasin beserta waktu yang paling diutamakan untuk membaca surat itu.

Umat Muslim dianjurkan untuk berdzikir kepada Allah SWT seusai melaksanakan sholat Subuh berjamaah. Dasarnya ialah hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, dari jalur Anas bin Malik RA.

Dalam hadits itu, Nabi SAW bersabda, "Siapa yang sholat Subuh berjamaah, lalu duduk berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit, lalu sholat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna."

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pertanyaannya, dzikir seperti apa yang paling utama? Di antara dzikir yang paling utama adalah bacaan Alquran dan perintah syariat untuk membacanya juga telah dinyatakan secara mutlak.

Perintah mutlak ini berlandaskan pada keumuman waktu, tempat, orang dan keadaan. Artinya, membaca Alquran dapat dilakukan secara individu atau kelompok, secara sembunyi-sembunyi atau secara terbuka.

Adapun keutamaan Surat Yasin, sejumlah hadits telah menyampaikan keutamaannya dan ganjaran pahala yang besar bagi mereka yang membacanya.

Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, dan hati Alquran adalah Surah Yasin. Siapa yang membacanya (Surat Yasin), Allah memberikan pahala sama seperti membaca Alquran sepuluh kali." (HR. Ad-Darimi, At-Tarmidzi, dan Al-Baihaqi, dari jalur Anas bin Malik RA)

Sedangkan dalam hadits yang diriwayatkan Ath-Thabrani dan Ibnu Mardawaih, dari jalur Anas bin Malik, disebutkan, "Siapa yang membaca Surat Yasin setiap malam kemudian meninggal, maka ia meninggal syahid."

Berdasarkan hal tersebut, Dar al-Ifta menyampaikan, bahwa boleh membaca Surat Yasin setelah sholat Subuh. "Tidak masalah ketika seorang Muslim membaca Surat Yasin setelah sholat Subuh. Tidak ada yang salah dengan hal ini." []

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image