Lemah Iman? Bisa Jadi Karena 4 Hal Ini

Khazanah  
Lemah Iman? Bisa Jadi Karena 4 Hal Ini. (dok. Republika)
Lemah Iman? Bisa Jadi Karena 4 Hal Ini. (dok. Republika)

GENPOP -- Lemah iman mungkin sering dialami oleh seorang Muslim tapi kerap tidak dirasakannya. Lemah iman ada sebabnya. Sebaiknya segera identifikasi diri apa sebab Anda lemah iman.

Ada sejumlah sebab mengapa seorang Muslim menjadi lemah iman sehingga mudah tergoda dengan perbuatan maksiat.

Pertama, tidak mencintai Alquran. Ini adalah tanda-tanda lemahnya iman dan cintanya kepada Allah SWT.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebab, cinta yang sejati bagi Allah SWT, adalah Muslim yang mencintai firman-firman-Nya, dan menikmati bacaan-Nya, serta mendekat kepada Allah SWT melalui bacaan Alquran.

Membaca Alquran merupakan salah satu alasan terbesar untuk meningkatkan iman.

Allah SWT berfirman, "Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana." (QS. Al Fath ayat 4)

Kedua, mengabaikan tilawah dan tadabur Alquran juga merupakan alasan lemahnya dan kurangnya iman. Sebab, tilawah dan mentadabburi Alquran sejatinya adalah bentuk kekuatan cintanya pada Alquran.

Ketiga, tidak mengamalkan isi Alquran. Tujuan diturunkannya Alquran tidak hanya sekadar membaca dan mentadabburinya tetapi juga mengamalkannya.

Allah SWT berfirman, "Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran." (QS. Shad Ayat 29)

Keempat, tidak memperbanyak perbuatan baik atau amal saleh setiap saat. Amal shaleh adalah faktor dijauhkannya dari fitnah. Di antara amal saleh ini adalah tilawah, sholat, doa, istighfar, dan sedekah.

Agar iman kuat, maka seorang Muslim harus ikhlas dalam mengerjakan amal sholeh, yang dalam hal ini ialah tilawah Alquran. Sebab keikhlasan ini merupakan wujud kecintaannya kepada Allah SWT.

Segala sesuatu itu datangnya dari Allah SWT dan segala amal perbuatan tidak akan diterima tanpa ridho-Nya.

Sumber: alukah.net

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image