Intip Cara Mahasiswa Paramadina Edukasi Siswa-Siswi SD tentang Pentingnya Daur Ulang

Gaya Hidup  
Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema
Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema "Beraksi Dengan Warna Selamatkan Bumi Kita. (dok. istimewa)

GENPOP.REPUBLIKA.CO.ID -- Kelompok-1 Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina 2023 melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema "Beraksi Dengan Warna Selamatkan Bumi Kita."

Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Gunung Putri 05 Kabupaten Bogor. Program ini diinisiasi dengan tujuan utama mengajarkan siswa-siswi SDN Gunung Putri 05 teknik melakukan story telling yang baik dan benar, dan memberi mereka keberanian untuk tampil di depan kelas dan memanfaatkan barang bekas agar dapat dimanfaatkan kembali.

Ketua kelompok, Fariz Alwy, menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekadar pembelajaran, tetapi juga merupakan bentuk nyata dari komitmen Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina 2023 dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kami sangat antusias untuk berbagi pengetahuan kami dalam bidang komunikasi kepada anak-anak di SDN Gunung Putri 05. Dengan tema 'Beraksi Dengan Warna', kami ingin mengajarkan mereka bahwa setiap cerita bisa menjadi alat yang kuat untuk menyampaikan pesan, dan warna dapat menjadi medium yang menyenangkan untuk mengungkapkan kreativitas mereka," kata Fariz Alwy, dalam siaran pers.

Sebagai bagian dari kegiatan tersebut, kelompok mahasiswa menyediakan galon bekas sebagai media untuk menggambar. Rifqi Muhammad, anggota kelompok yang memimpin sesi ini, menjelaskan bahwa pemilihan galon bekas sebagai media gambar tidak hanya sebagai alat praktis, tetapi juga mengandung pesan mendalam.

"Kami ingin menyampaikan pesan tentang keberlanjutan dan kreativitas. Galon bekas dapat menjadi pot tanaman yang berguna atau tempat sampah yang indah setelah dihias. Dengan ini, kami berharap dapat mengajarkan siswa-siswi SDN Gunung Putri 05 tentang pentingnya mendaur ulang dan kreativitas dalam kehidupan sehari-hari," ujar Rifqi.

Kegiatan dimulai dengan pembekalan materi story telling oleh Fariz Alwy, di mana ia memberikan panduan praktis tentang cara menyusun cerita yang menarik dan memikat pendengar.

Sesi berikutnya dipimpin oleh Rifqi Muhammad, yang memberikan instruksi langkah-demi-langkah tentang cara menggambar di media galon bekas. Setelah itu, siswa-siswi diajak untuk menceritakan hasil gambaran mereka dengan cara ber-story telling.

Siswa-siswi terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka tidak hanya belajar teknik-teknik ber-story telling, tetapi juga menyadari potensi kreativitas yang dapat mereka ungkapkan melalui seni dan penggunaan barang bekas.

Program pengabdian kepada masyrakat dengan tema "Beraksi Dengan Warna Selamatkan Bumi Kita" ini mencerminkan komitmen Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan.

Melalui pendekatan inovatif dan edukatif, kelompok mahasiswa berharap dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak untuk berani tampil di depan umum, berkreasi, menjaga lingkungan sekitar dengan cara yang menyenangkan dan bermakna.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image