Singapore Water Week 2024 Jadi Kesempatan Temukan Solusi Masalah Air di Indonesia

Bisnis  
Panel diskusi sebagai rangkaian SIWW2024 digelar di kantor Kadin Indonesia, Jakarta pada Selasa (7/5/2024).
Panel diskusi sebagai rangkaian SIWW2024 digelar di kantor Kadin Indonesia, Jakarta pada Selasa (7/5/2024).

JAKARTA -- Kadin Indonesia berkolaborasi lintas sektor untuk mendukung penyelenggaraan Singapore International Water Week (SIWW) 2024 di Sands Expo & Convention Centre, Marina Bay Sands, Singapura. Kolaborasi antara Kadin Indonesia dan SIWW2024 bertujuan menciptakan platform utama bagi pemimpin global, praktisi, dan pemangku kepentingan dari berbagai sektor guna berbagi praktik terbaik menghadapi tantangan air.

SIWW2024 akan berlangsung dari 18-22 Juni 2024 mendatang diharapkan akan menampilkan inovasi-inovasi terbaru dalam teknologi air serta memberikan peluang bisnis dan investasi yang berharga bagi para peserta dalam mengatasi tantangan terkait air dan iklim perkotaan.

Kehadiran SIWW2024 menjadi sangat penting mengingat Indonesia, dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, dan dikenal sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebagian penduduk Indonesia mengalami keterbatasan akses terhadap air bersih, sementara penduduk lainnya kekurangan akses terhadap sanitasi yang memadai. Situasi ini menyoroti urgensi untuk mencapai target nasional akses universal terhadap air bersih dan sanitasi baik di tahun ini maupun di tahun yang akan datang.

Kebutuhan air menjadi esensial dalam kehidupan sehari-hari, menjadi pondasi dari kesejahteraan dan keberlangsungan masyarakat. Kegiatan ini akan memfokuskan perhatian pada peran penting SIWW2024 dalam memberikan solusi inovatif terhadap permasalahan air di Indonesia, serta bagaimana kerjasama antara Kadin Indonesia dan SIWW2024 dapat memperkuat upaya-upaya ini.

Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian, Kadin Indonesia Bobby Gafur Umar menjelaskan peningkatan infrastruktur air dan sanitasi rumah tangga menjadi perhatian utama baik bagi pemerintah maupun pihak swasta. Apalagi di tengah fokus yang semakin meningkat pada pada swasembada pangan, energi dan air.

"Agar arah kebijakan saat ini menjadikan air sebagai energi bersih serta energi terbarukan pada tahun 2024, khususnya dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045," kata Bobby dalam panel diskusi sebagai rangkaian SIWW2024, Selasa (7/5/2024).

Oleh sebab itu, Bobby menilai sinergitas yang kuat antara pemerintah dan dunia usaha dianggap krusial dalam mengatasi tantangan ini.

"Kerjasama antara Kadin Indonesia di SIWW2024 diharapkan akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengatasi tantangan ini dan mencapai tujuan akses universal terhadap air bersih dan sanitasi," ujar Bobby.

SIWW2024 diharapkan menjadi titik awal bagi dialog berkelanjutan dan tindakan konkret dalam mendukung upaya-upaya tersebut. Adapun Kadin Indonesia dinilai dapat berperan aktif sebagai mitra pemerintah mengatasi tantangan ketersediaan air bersih dan menjadikan air sebagai sumber energi bersih dan terbarukan.

"Kami mengundang semua pihak yang berkepentingan dengan masalah air untuk bergabung dan berkontribusi dalam menciptakan solusi berkelanjutan untuk tantangan air di Indonesia," ujar Bobby.

CEO & Managing Director, MMI Asia Ltd, Michael Wilton menyebut kolaborasi antara Kadin Indonesia dalam mendukung SIWW2024 merupakan langkah penting dalam menghadapi tantangan air di Indonesia. SIWW 2024 dapat menyatukan

pemimpin global, pakar, dan praktisi untuk berbagi praktik terbaik dalam manajemen air dan sanitasi.

"Kami percaya bahwa kerjasama ini akan memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan solusi inovatif yang dibutuhkan untuk meningkatkan akses universal terhadap air bersih dan sanitasi di Indonesia," ujar Michael.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image