Peran Pertamina Dinilai Dapat Buat UMKM Indonesia Saingi Singapura

Bisnis  

JAKARTA -- Pengamat ekonomi dan bisnis Izaac Tony Matitaputty mengapresiasi pola pembinaan Pertamina terhadap UMKM. Termasuk upaya BUMN tersebut untuk mendorong mitra UMKM Binaan masuk ke pasar global.

“Pola pembinaan UMKM oleh Pertamina menurut saya sudah berhasil dan bisa menjadi _benchmark_ bagi BUMN lain. Dengan masuk pasar global, UMKM tidak lagi sebagai jago kandang tetapi jago di luar kandang. Harus begitu,” kata Izaac kepada wartawan, Kamis (28/8/2024).

Izaac mengamati tren global saat ini memang semakin banyak negara mengandalkan UMKM sebagai penggerak ekonomi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Misalnya Belanda yang memproduksi cinderamata. Produk UMKM di AS juga dipopulerkan bintang film dan penyanyi,” ujar Izaac.

Izaac menyebut UMKM Indonesia perlu mengejar UMKM negara lain, termasuk Singapura. Ia meyakini melalui pola pembinaan dan perhatian yang lebih serius seperti yang dilakukan Pertamina UMKM dalam negeri bisa bersaing.

"Jika dipromo terus seperti yang dilakukan Pertamina, saya yakin UMKM kita cepat berkembang, lebih besar lagi dari Malaysia dan Singapura. Tentu saja harus didukung BUMN lain," ujar Izaac.

Izaac menjelaskan pola asuh BUMN memiliki peran penting terhadap perkembangan UMKM binaan. Dengan terus-menerus memperkenalkan UMKM di pasar global, maka produk-produk UMKM akan dilirik pelanggan luar negeri.

Izaac juga mengingatkan pola pembinaan UMKM seperti dilakukan Pertamina akan membantu daya tahan ekonomi Indonesia. Sebab, semakin dikenalnya produk UMKM Indonesia di luar negeri maka, semakin banyak mata uang dolar AS masuk ke dalam negeri dan mencegah rupiah ke luar negeri.

“Sehingga menambah cadangan devisa negara,” ujar Izaac.

Pertamina diketahui selalu berupaya mendorong dan memperkenalkan UMKM Binaan di pasar global. Termasuk di antaranya melalui WOW Indonesia Festival 2024 di Washington DC, Amerika Serikat, 25 Agustus 2024.

Pada acara yang dibuka Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ini, Pertamina memperkenalkan berbagai program-program keberlanjutan seperti Desa Energi Berdikari, Net Zero Emission, serta memamerkan berbagai produk-produk UMKM binaan seperti Brand Fashion Cap Bali, Persona Handicraft, Aksesoris Sripala, Perhiasan Mutiara Git Bay, dan Produk Kecantikan Bali Ayu dan berbagai produk-produk UMKM lain.

Retno Marsudi juga memberi apresiasi atas partisipasi Pertamina dalam Wow Indonesia Festival 2024 dan juga program-program Pertamina untuk membantu UMKM agar bisa berdikari.

“Semoga ke depan agar lebih banyak lagi UMKM yang dibawa Pertamina untuk pameran ke event-event internasional seperti ini,” ucap Retno ketika itu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image