Generasi Muda Dinilai Berperan Penting dalam Transisi Ketahanan Energi

Umum  

JAKARTA -- Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar menyebut generasi muda Indonesia berperan strategis dalam mengawal transisi energi menuju penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT).

Atas dasar itulah, Billy menginisiasi gerakan Youth Energy & Environment Council (YeC) guna mendukung visi transisi dan ketahanan energi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“YeC telah menjadi jembatan penting antara aspirasi generasi muda dengan pemangku kebijakan. Melalui inisiatif ini, suara dan ide-ide inovatif dari grassroot pemuda dapat disampaikan secara langsung kepada pemerintah,” kata Billy dalam keterangan pers, Jumat (30/8/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Billy menyebut YeC hadir untuk jadi tempat diskusi agar inovasi yang satu dan yang lain saling terhubung. Billy tak ingin inovasi yang ada malah jalan sendiri-sendiri. Billy meyakini kemampuan pemuda Indonesia mampu menciptakan perubahan nyata.

"Setiap anak muda memiliki potensi untuk membuat perubahan. Pemerintahan Prabowo-Gibran sangat mendukung inisiatif-inisiatif seperti ini, yang tidak hanya mendorong inovasi, tetapi juga memperkuat ketahanan energi nasional," ujar lulusan Universitas Harvard itu.

Billy optimistis visi transisi dan ketahanan energi akan mendapat perhatian khusus di pemerintahan Prabowo-Gibran. Sebagai insinyur yang bekerja di perusahaan minyak internasional selama kurang lebih 10 tahun, Billy memandang YeC ialah harapan baru bagi sektor energi Indonesia.

"Saya optimis bahwa di bawah kepemimpinan Bapak Prabowo dan Mas Gibran, Indonesia akan mampu menjalankan program-program transisi energi yang progresif dan berdampak nyata bagi lingkungan dan masyarakat," ujar Billy.

Billy menyatakan momentum besar menjadikan Indonesia semakin terpandang di mata dunia. Hal itu tidak dapat diwujudkan tanpa dukungan kebersamaan.

“Seperti semangat Indonesia, semangat gotong royong, seperti itulah saya rasa kita harus bahu-membahu menjaga ketahanan dan transisi energi Indonesia,” ucap Billy.

Sebagai informasi, dalam acara Road to Indonesia International Sustainability Forum (ISF), YeC mengajak generasi muda melek transisi energi dan mensinergikan inisiatif yang selama ini sudah dijalankan. Hal itu disampaikan melalui diskusi publik bertajuk "Transisi Energi dan Udara Bersih: Generasi Muda Kunci Perubahan" di Oil Center, M.H. Thamrin di bilangan Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024).

Diketahui selain Billy, YeC terdiri dari sejumlah nama-nama pemimpin muda Indonesia yang tergabung dalam susunan Board dan Founder. Mereka adalah:

1. Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin sebagai Advisory Board YeC

2. Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina NRE Fadli Rahman selaku Founder dan Chairman YeC

3. Direktur Eksekutif Pijar Foundation Ferro Ferizka selaku Founder Vice Chairman YeC.

4. CEO Jejak.in Arfan Arlanda selaku Founder dan Vice Chairman YeC.

5. Direktur Hubungan Kelembagaan Indonesia Battery Corporation (IBC) selaku Founder dan Vice Chairman YeC.

6. Aktris, Duta SDGs dan Duta ENDP Chelsea Islan sebagai Founder dan Vice Chairman YeC.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image