Meski Hanya 1 Paslon di Dharmasraya, KPU Sumbar Optimistis Pilkada 2024 Tetap Lancar

Umum  

JAKARTA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat Surya Efitrimen optimistis Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada 2024) bakal berjalan lancar. Meski ada satu wilayah yang hanya memiliki satu pasangan calon (paslon).

"Saya optimis pilkada 2024 nanti berjalan lancar, apalagi berdasarkan pengalaman Pemilu 2024 lalu, kemudian ada PSU (Pemungutan Suara Ulang), berjalan lancar," kata Surya, kepada wartawan, Senin (9/9/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kalau pun ada sengketa hasil, Surya yakin para pihak sudah memahami saluran hukum yang bisa ditempuh.

"Belajar dari (Pemilu) Februari lalu, kalau ada persoalan hukum, para paslon tertib pakai saluran hukum yang disediakan," kata Surya.

Surya juga mengimbau kepada pemilih agar hadir ke TPS untuk memilih calonnya baik bupati, Wali Kota maupun Gubernurnya.

"Kita berharap partisipasi tinggi dari pemilih agar legitimasi hasil Pilkada di Sumbar, baik di Provinsi, Kabupaten dan Kota, tetap tinggi," ujar Surya.

Sementara itu, mengenai kabupaten Dharmasraya yang hingga kini hanya ada satu pasangan calon, Surya mengatakan hal itu bukanlah persoalan. Sebab ketentuannya tinggal merujuk pada PKPU.

"Sampai hari ini hanya Dharmasraya yang melawan kotak kosong, tidak masalah. KPU kan hanya menerima (pendaftaran) saja, nanti ikuti PKPU saja," kata Surya.

Diketahui, Pilkada Kabupaten Dharmasraya Sumbar pada 26 November mendatang, dipastikan menghadirkan kotak kosong. Hingga batas akhir perpanjangan masa pendaftaran, hanya ada satu pasangan calon yang mendaftarkan diri menjadi calon bupati dan wakil bupati.

Pasangan calon yang mendaftar adalah Annisa Suci Ramadhani dan Leli Arno.

KPU juga memastikan keberadaan paslon tunggal di Dharmasraya telah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini juga menepis isu bahwa ada ketentuan yang ditabrak oleh KPU.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image