Bagaimana Cara Menabung Emas yang Benar? Ingat ya, Bukan untuk Investasi Bro!

Uang  
Bagaimana Cara Menabung Emas yang Benar? Ingat ya, Bukan untuk Investasi Bro!
Bagaimana Cara Menabung Emas yang Benar? Ingat ya, Bukan untuk Investasi Bro!

GENPOP.COM -- Generasi milenial pasti banyak yang tertarik untuk menabung emas. Selain dianggap aman, emas juga menjadi salah satu instrumen keuangan yang likuid, alias mudah dicairkan.

Lantas bagaimana cara menabung emas yang benar? Sebelum membahas mengenai cara menabung logam mulia yang tepat, kamu harus memahami dulu bagaimana konsep emas bekerja.

Emas merupakan logam mulia yang hakikatnya memiliki nilai tetap dan stabil dari zaman purba kala sampai saat ini. Nilainya sejak zaman dulu sampai sekarang tidak pernah berubah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hal itu dapat dilihat dari nilai barter emas dengan benda lain dari tahun yang berbeda. Ingat ya, pembandingnya bukan uang, sebab nilai uang selalu menurun setiap tahunnya, apalagi Rupiah.

Berdasarkan keterangan dari salah satu sahabat Rasulullah SAW, pada masa kenabian di abad 14, satu dinar bisa dipakai untuk membeli satu ekor domba. Jika dikonversi ke perhitungan saat ini, nilai barter tersebut sepertinya masih berlaku.

Hari ini, Senin, 26 Juni 2023, harga satu dinar atau setara dengan 4,25 gram emas dibandrol sekitar Rp4 jutaan. Angka tersebut tentunya sangat pas jika digunakan untuk membeli satu ekor domba pada 2023 di Indonesia.

Itu adalah salah satu bukti bahwa nilai emas tetap sama dari masa ke masa. Sementara nilai uang terus turun dari tahun ke tahun.

Apalagi jika ada kejadian seperti pandemi atau perang yang menyebabkan perekonomian global gonjang ganjing, nilai uang akan meluncur dengan sendirinya. Hal tersebut terbukti dari nilai emas yang mengalami lonjakan signifikan pada masa-masa pandemi kemarin.

Jadi tolong dipahami dengan benar ya, bahwa nilai emas tetap sama. Sementara nilai uang terus turun. Dua hal itulah yang membuat harga emas terasa semakin mahal dari hari ke hari.

Jika harga emas mengalami beberapa kali penurunan dalam sepekan, hal tersebut tidak akan berpengaruh signifikan terhadap kenaikannya selama rentang waktu satu tahun. Sehingga jika diakumulasikan selama tiga sampai 10 tahun mendatang, secara umum nilai emas dibandingkan mata uang akan terasa naik terus menerus.

Sampai sini setidaknya kita memahami bahwa emas akan berperan menjaga nilai aset yang kita miliki. Bukan malah mengembangkan nilai aset yang sudah kita punya.

Kenyataan terkait emas ini memang tampak seperti ilusi ya. Jadi kamu harus sadar secepatnya. Pasalnya emas memiliki karakteristik tersendiri yang tidak cocok kamu pilih sebagai instrumen tabungan jangka pendek.

Emas hanya cocok dijadikan sebagai tabungan jangka panjang. Lebih panjang masa tabungannya maka akan lebih baik. Jadi jika kamu berpikir untuk menjual emas-emasmu untuk keperluan yang tidak begitu penting, urungkanlah secepat mungkin. Lalu cari solusi keuangan lain.

Namun jika kondisinya sudah mentok dan mengharuskan kamu menjual seluruh emas yang kamu miliki, mau tidak mau kamu harus rela melepasnya.

Nah, saat ini ada banyak pilihan program dan sistem menabung emas. Kamu juga bisa memilih institusi untuk menabung emas yang aman dan sesuai dengan preferensi kamu.

Namun jika kamu ingin menabung emas sendiri tentu juga diperbolehkan. Syaratnya kamu harus bisa menyimpannya di tempat yang aman. Jangan sampai hilang atau rusak ya.

Cara terbaik untuk menabung emas adalah menentukan target emas yang ingin kamu beli. Misalnya, kamu harus menentukan berapa gram emas yang akan kamu beli dalam tiga bulan ke depan.

Kamu bisa menyisihkan uang untuk menabung emas setelah kamu mengurangi seluruh pendapatan kamu dengan berbagai pengeluaran pokok yang harus kamu belanjakan.

Sesuaikan target kamu dengan kemampuan finansial kamu. Lalu jika uang sudah terkumpul untuk membeli emas, segeralah belikan uang tersebut. Jangan ditunda-tunda ya!

Menabung emas juga tidak perlu memaksakan diri, semampunya saja. Jika kamu baru mampu membeli satu gram, maka beli saja satu gram.

Bagi pemula, menabung emas sendiri dapat dilakukan dengan membeli emas logam mulia Antam. Pasalnya produk ini cukup mudah dijangkau dan dapat dipantau perkembangan harganya.

Jika kamu yang berniat menabung emas, disarankan untuk tidak meembeli emas perhiasan ya. Sebab emas perhiasan tidak akan berperan menjaga nilai aset yang kamu miliki.

Perhiasan yang kamu miliki tahun ini, harganya akan turun di tahun berikutnya. Salah satu penyebabnya karena potongan administrasi yang biasa dilakukan toko emas.

Nah begitu ya. Jadi jika ingin berinvestasi, apalagi untuk jangka pendek, lebih baik kamu memilih cara atau instrumen lain yang sesuai. Jangan sampai salah kaprah ya.

Demikian informasi tentang emas, lain kali kita akan membahas topik-topik lainnya terkait emas ya. Nantikan informasi terbaru dari kami. Salam GenPop (*v*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image