Sholat untuk Tolak Bala, Ini Pemaparan Lengkap yang Perlu Kamu Tahu

Khazanah  
Sholat untuk Tolak Bala, Ini Penjelasannya yang Jarang Kamu Sadari

GENPOP -- Salah satu amalan untuk menolak bala adalah dengan melaksanakan sholat. Adapun sholat untuk tolak bala yaitu merujuk pada sholat wajib dan sholat sunnah sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT berfirman, "Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu." (QS. Al Baqarah ayat 45)

Sholat memang bisa dilaksanakan untuk tolak bala. Mantan Mufti Mesir, Syekh Ali Jum'ah menjelaskan, salah satu cara untuk tolak bala adalah dengan sholat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam keadaan kesulitan apapun bentuknya, kembalilah kepada Allah SWT dengan menunaikan sholat. Seorang Muslim mesti membiasakan dirinya mengerjakan sholat dalam kehidupan sehari-harinya, termasuk saat mengalami kesusahan.

Agar dirinya terhindar dari bala atau malapetaka, seorang Muslim tidak hanya melaksanakan sholat wajib lima waktu, tetapi juga melakukan sholat sunnah yang lain seperti sholat tahajud, dhuha, dan sholat-sholat sunnah lainnya.

"Apabila kamu lelah dengan semua yang terjadi, maka ingatlah pada Allah SWT dengan melaksanakan sholat," kata Syekh Jum'ah, seperti dilansir Masrawy.

Karena itu, untuk menolak bala, bangkitlah untuk melaksanakan sholat sunnah tahajud, sholat dhuha, dan juga sholat sunnah lain seperti sholat sunnah rawatib.

Juga bersimpuh memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa. Dengan sholat, insya Allah hati menjadi tenang dan dapat menolak bala.

Hal berikutnya yang bisa dilakukan sebagai amalan tolak bala selain sholat, yakni berdzikir. Seorang Muslim juga harus membiasakan lisannya berdzikir. Mengapa demikian?

Karena dzikir adalah sarana untuk mengingat Allah SWT. Syekh Ali Jum'ah mengungkapkan, seorang Muslim tidak boleh lalai dalam berdzikir.

"Kita harus menghilangkan sifat lupa dan lalai, dan masuk ke dalam lingkaran orang-orang yang banyak mengingat Allah SWT dan yang berdzikir agar Allah meringankan penderitaan," jelas Syekh Ali Jum'ah.

sumber: masrawy

BACA JUGA:

+ Tata Cara Mandi Junub Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

+ Doa Sesudah Makan lengkap dengan teks Arab, latin dan terjemahan

+ 4 Pesan dari Habib Umar bin Hafidz Agar Tenang Jiwa

+ Doa Agar Diberi Kesehatan dan Dijauhkan dari Musibah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image