Cara Berbakti kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal, Sesuai Contoh Nabi Muhammad

Khazanah  
Cara Berbakti kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

GENPOP -- Islam mengajarkan dan memerintahkan kepada setiap anak untuk berbakti kepada orang tua saat masih hidup dan juga setelah meninggal dunia.

Jika kamu bingung bagaimana cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal, silakan baca artikel sampai tuntas.

Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan bagaimana berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia. Beliau SAW biasa berziarah ke makam ibundanya dan menangis di makam tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Terkait hal itu, mantan mufti Mesir Syekh Ali Jum'ah berpandangan, apa yang dilakukan Nabi SAW menunjukkan perintah kenabian kepada umat Muslim untuk tetap berbakti kepada orang tua meski mereka telah meninggal dunia.

"Nabi Muhammad SAW memerintahkan kita untuk tetap berbakti kepada orang tua walaupun mereka telah wafat. Nabi biasa mengunjungi makam ibundanya dan menangis di makam tersebut," ujar Syekh Jum'ah.

Dalam hadits riwayat Abu Hurairah RA, Nabi SAW biasa berziarah ke makam sang ibunda. Berikut ini bunyi haditsnya, yang tercantum dalam Shahih Muslim.

زَارَ النبيُّ صَلَّى اللَّهُ عليه وَسَلَّمَ قَبْرَ أُمِّهِ، فَبَكَى وَأَبْكَى مَن حَوْلَهُ، فَققالَ: اسْتَأْذَنْتُ رَبِّي في أَنْ أَسْتَغْفِرَ لَهَا، فَلَمْ يُؤْذَنْ لِي، وَاسْتَأْذَنْتُهُ في أَنْ أَزُورَ قَبْرَهَا، فَأُذِنَ لِي، فَزُورُوا القُبُورَ؛ فإنَّهَا تُذَكِّرُ المَوْتَ.

Abu Hurairah berkata bahwa Nabi Muhammad SAW berziarah ke makam sang ibunda. Beliau pun menangis. Orang-orang di sekitarnya juga menangis. Kemudian beliau SAW bersabda, "Aku memohon kepada Rabb-ku untuk mengampuninya, namun tidak diperkenankan oleh-Nya. Dan aku meminta izin kepada Rabb-ku untuk menziarahi kuburnya, Dia memberi izin. Maka ziarah kuburlah karena akan mengingatkan kalian pada kematian." (HR Muslim)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image