Israel Rahasiakan Sosok yang Menyusun Nilai Kerugian Dampak Gerakan Boikot

Bisnis  
dok. republika
dok. republika

GENPOP -- Israel bisa rugi triliunan rupiah per tahun jika gerakan boikot produk yang mendukung Israel terus digalakkan. Ini didasarkan pada laporan yang pernah dibuat oleh Kementerian Keuangan Israel pada tahun 2013 lalu.

Orang yang menyusun laporan tersebut adalah seorang staf Kementerian Keuangan Israel di masa kepemimpinan Yair Lapid dari Partai Yesh Atid, ketika memegang jabatan menteri keuangan.

Nama staf itu dirahasiakan Israel hingga kini. Laporan yang terdiri dari enam halaman itu sebetulnya sudah tuntas dikerjakan pada pertengahan tahun 2013.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun baru dipublikasikan pada tahun 2015 di The Times of Israel. Awalnya, kementerian keuangan Israel tidak setuju mempublikasikan laporan tersebut karena berpotensi merugikan perekonomian mereka.

Meski begitu, selama dua tahun, sebuah LSM Israel bernama Movement for Freedom of Information, mendesak agar pemerintahan Israel mempublikasi laporan itu. Hingga akhirnya, pihak Israel setuju untuk mempublikasikannya.

Laporan itu memperingatkan kerugian yang bisa menimpa Israel jika ada gerakan boikot masif secara internasional.

Israel disebutkan bisa rugi setengah miliar shekel atau 130 juta dolar AS (sekitar Rp 2 triliun) per tahun, hingga NIS 40 miliar atau 10,5 miliar dolar AS (sekitar Rp 163 triliun) per tahun.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image