Bursa Kripto Binance Segera Pulih Meski Ada Penarikan Senilai Rp 37 triliun

Cryptolab  
Bursa Kripto Binance Kian Mantap Perkuat Posisi Meski Ada Penarikan Dana Senilai Rp 37 triliun. (dok. republika)
Bursa Kripto Binance Kian Mantap Perkuat Posisi Meski Ada Penarikan Dana Senilai Rp 37 triliun. (dok. republika)

GENPOP -- Hampir setahun setelah runtuhnya FTX, Binance kini menghadapi tantangan. Namun, tidak seperti FTX, Binance tidak ambruk.

Bursa kripto tersebut baru-baru ini diselesaikan dengan DOJ dan badan pengatur lainnya, dengan membayar denda 4,3 miliar dolar AS. Ini sebuah langkah yang semakin memperkuat posisinya di pasar.

Meskipun terjadi arus keluar miliaran dari Binance, ini tidak terlalu mengkhawatirkan. Selain itu, data on-chain menunjukkan pemulihan cepat aliran aset Binance.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Binance Perkuat Posisi di Pasar Kripto

Beberapa hari terakhir telah terjadi arus keluar lebih dari 1 miliar dolar AS (lebih dari Rp 15,5 triliun) dari Binance, tidak termasuk bitcoin, seperti yang dilaporkan oleh perusahaan analisis blockchain Nansen.

Perkembangan ini menyusul pengunduran diri dan pengakuan bersalah pendiri dan CEO Changpeng Zhao pada Selasa (21/11/2023) sebagai bagian dari perjanjian penyelesaian 4,3 miliar dolar AS dengan Departemen Kehakiman AS.

Pada saat yang sama, terjadi penurunan likuiditas sebesar 25% karena para pembuat pasar mengurangi posisi mereka, seperti yang dilaporkan oleh penyedia data Kaiko.

Namun, sejak saat itu, kesehatan Binance telah meningkat secara signifikan, dengan likuiditas pulih dari posisi terendah sebelumnya.

Sebab yang penting, arus keluar miliaran dari Binance tidak mengkhawatirkan, karena data menunjukkan bahwa angka-angka ini konsisten dengan tingkat arus keluar bursa pada umumnya.

Rp 37 triliun Ditarik, Rp 27 triliun Masuk

Data dari dasbor Dune Analytics merinci, bahwa meskipun berbagai token senilai lebih dari 2,4 miliar dolar AS (sekitar Rp 37 triliun) ditarik dari bursa kripto Binance , ada juga setoran token senilai sekitar 1,8 miliar dolar AS (atau sekitar Rp 27 triliun).

Namun, pada saat itu, situasinya mengkhawatirkan karena tren pasar sedang menurun, dan pemegangnya menarik asetnya dari Binance.

Hal ini berlawanan dengan tren yang biasa terjadi di mana mereka biasanya menyimpan aset ke bursa untuk dijual saat harga turun.

Dari perspektif keseluruhan, Binance memiliki Netflow sebesar 600 juta dolar AS pada 21 November 2023 dan 400 juta dolar AS pada 22 November.

Angka-angka ini mewakili shortfall yang sebenarnya atau jumlah yang tersisa dari Binance selama penurunan pasar pada hari-hari tersebut, yaitu hanya sebesar 2 sampai 3 kali Netflow biasa di bursa kripto Binance.

Karena itu, penarikan tersebut hanya dimotivasi oleh FOMO dan kepanikan, yang diakibatkan oleh kurangnya analisis yang tepat terhadap situasi penyelesaian masalah Binance dengan otoritas hukum AS.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image