4 Cara Mengatur Keuangan dengan Dana Darurat

Uang  

2. Tentukan target waktu menabung secara bertahap dan konsisten

Kalau kamu sudah tahu jumlah dana yang harus dikumpulkan maka kamu harus menentukan waktu untuk mencapai dana ini. Hal ini berlaku jika kamu belum punya sama sekali tabungan dana darurat.

Mulailah menabung secara bertahap untuk dana darurat kamu. Meskipun jumlahnya kecil di awal, secara bertahap tingkatkan persentasenya.

Sehingga kamu secara konsisten mengalokasikan sebagian dari pendapatan untuk dana ini. Dengan demikian, dana darurat terkumpul sesuai target.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA:

+ 5 Alasan Anda Harus Memilih Investasi Reksadana

+ Pengertian Karat Emas dan Jenis-Jenisnya, Jangan Sampai Salah Beli

+ Alasan Mengapa Investasi Saham Penting untuk Jangka Panjang

+ 5 Kelebihan Investasi Reksadana

3. Buat rekening terpisah

Mengapa perlu membuat rekening terpisah? Berbeda dengan tabungan, dana darurat sebaiknya disimpan dalam rekening baru yang terpisah dari pengeluaran bulanan rutin. Tujuannya agar tidak teralihkan untuk membiayai keperluan lain.

Buat rekening terpisah yang tidak membutuhkan saldo awal dan biaya administrasi yang besar.

Kamu juga harus punya akses yang cepat dan mudah terhadap dana ini, agar tidak kesulitan untuk menggunakan uang tersebut saat terjadi kondisi darurat, misalnya seperti akses untuk mobile banking.

Memisahkan dana ini membantu untuk memastikan kontrol dan pemantauan yang lebih baik terhadap progres dana darurat kamu.

4. Lengkapi dengan produk asuransi yang tepat

Tips lain yang bisa kamu lakukan dalam mempersiapkan dana darurat adalah melengkapi tindakan tersebut dengan membeli asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan kamu.

Asuransi merupakan produk proteksi yang dapat melindungi diri dari pengeluaran yang tidak diharapkan.

Dengan asuransi, setiap individu bisa mempersiapkan dan mengelola keuangan dengan lebih baik. Membeli asuransi juga bisa menjadi cara agar dana darurat bisa lebih terarah.

Pastikan bahwa premi asuransi yang dibayarkan selama periode waktu tertentu tidak akan menjadi beban finansial di kemudian hari.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image