Pertamina Dinilai Kunci Pembangunan Nusantara Sustainability Hub di IKN

Gaya Hidup  

JAKARTA -- Pakar ekonomi lingkungan IPB University Aceng Hidayat menilai Pertamina berperan penting dalam pembangunan Nusantara Sustainability Hub di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebagai kunci dalam pembangunan infrastruktur tersebut, kata Aceng, menjadi bukti bahwa BUMN energi itu merupakan leader dalam energi bersih di Tanah Air.

“Ya, Pertamina menjadi kunci dalam membangun infrastuktur keberlanjutan di IKN. Peran penting dalam pembangunan infrastruktur riset energi bersih dan berkelanjutan ini, membuktikan bahwa Pertamina leading di bidang energi bersih,” ujar Aceng kepada media pada Jumat (7/6/2024).

Melalui Nusantara Sustainability Hub, Aceng melihat bahwa Pertamina sangat berperan dalam penyiapan sumber daya manusia (SDM), riset dan penelitian. Termasuk juga kajian yang komprehensif baik dari sisi teknis, ekonomis maupun kelayakan energi berkelanjutan yang akan dimanfaatkan di IKN. Riset dan kajian tersebut penting misalnya untuk menentukan energi bersih yang akan dipilih.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Saya sebagai bagian dari komunitas yang sangat concern dengan low emission energy dan juga energi berkelanjutan, sangat mendukung upaya Pertamina. Apresiasi sekali,” kata Aceng.

Aceng mengingatkan pilihan energi bersih Indonesia sangat melimpah. Tetapi penggunaannya tetap membutuhkan keputusan yang tepat. Sebab, energi bersih dan berkelanjutan itu bisa dari sinar matahari, angin, sungai beraliran deras dan masih banyak lagi. Semua itu sangat melimpah di Indonesia.

Sinar matahari misalnya selalu bersinar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke sangat potensial karena teknologi solar panel dan baterainya sudah kita kuasai. Potensi listrik yang dihasilkan bisa mencapai 2000 Gigawatt.

Sedangkan angin yang bisa ditangkap di sepanjang pantai seluruh Indonesia, menurut Aceng bisa menghasilkan sekitar 5.500 gigawatt. Kecepatan angin di pantai-pantai Indonesia menurutnya jauh lebih kencang dari Belanda dan negara-negara Eropa yang memilihnya sebagai energi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

“Di sini peran pusat riset dan inovasi berkelanjutan yang diprakarsai antara lain oleh Pertamina,” ujar Aceng.

Dengan adanya pusat keberlanjutan tersebut, Aceng menilai akan sangat mendukung pemenuhan kebutuhan energi bersih dan berkelanjutan. Tidak hanya di IKN, tetapi juga di Indonesia.

“Saya optimistis bahwa kita mampu, karena teknologi energi baru dan terbarukan itu bukan teknologi yang sulit. Sedangkan sumber-sumber energi baru terbarukan di IKN saya yakin banyak seperti sinar matahari atau angin,” kata Aceng.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking Nusantara Sustainability Hub di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (5/6/2024). Nusantara Sustainability Hub ini merupakan pusat inovasi dan riset keberlanjutan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image