5 Kelebihan Investasi Reksadana

Uang  

Berinvestasi di instrumen keuangan seperti reksadana memiliki banyak kelebihan sehingga dapat menjadi pilihan investasi bagi siapapun. Namun tak jarang sebagian orang masih ada yang ragu untuk menanamkan uangnya di reksadana.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai 5 faktor apa saja yang menjadi keunggulan dari investasi reksadana yang perlu Anda ketahui terutama generasi milenial.

1. Dikelola Orang Berpengalaman (Manajer Investasi)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mungkin bagi kalian yang pemahamannya cukup baik di saham dan ada waktu untuk menganalisa, hal itu tidak masalah. Tetapi bagi kalian yang awam di industri pasar modal, tentu kalian butuh sosok yang mengerti soal industri tersebut, yang disebut manajer investasi.

Contoh mudahnya, kalian punya uang, kemudian ingin punya usaha ternak sapi, tetapi karena kalian tidak punya pengetahuan soal bagaimana caranya ternak sapi maka lebih baik kalian meminta peternak yang sudah berpengalaman untuk mengurus semua usaha ternak sapi Anda.

Karena kalau mengurus sendiri sedangkan Anda sendiri tidak punya kemampuan, bukannya untung malah bisa buntung. Modal bisa habis karena tidak mengerti soal dunia persapian. Ini baru di dunia persapian.

2. Potensi Kecil Mengalami Kerugian

Industri pasar modal jauh lebih kompleks dibanding industri peternakan sapi tadi. Banyak contoh investor yang bangkrut gara-gara coba bermain di pasar modal. Alasan paling utama karena minimnya pengetahuan yang mereka miliki soal dunia persahaman.

Karena itu, muncul produk investasi yang bernama reksadana sebagai solusi bagi kalian yang ingin investasi di pasar modal tapi awam soal industrinya. Dan para pengelola industri reksadana ini (manajer investasi), ibaratnya seperti peternak sapi yang sudah berpengalaman tadi.

3. Lebih Berpotensi Hasilkan Keuntungan

Tentu saja, karena dikelola oleh orang berpengalaman, maka kesempatan untuk bisa mendatangkan keuntungan jauh lebih besar karena punya pengalaman dan pengetahuan yang jauh lebih banyak soal dunia pasar modal.

4. Minim Budget, Hanya Rp 100 ribu

Kalian bisa berinvestasi di reksadana dengan budget Rp 100 ribu (minimal). Mengapa bisa semurah itu, karena reksadana pada dasarnya uang patungan yang tujuannya buat diinvestasikan. Maka wajar, dana yang terkumpul pada setiap produk reksadana itu bisa mencapai miliaran bahkan triliunan rupiah.

5. Efisiensi Waktu

Bagi Anda yang super sibuk, kemungkinan besar tidak memiliki waktu yang cukup untuk berinvestasi sendiri di pasar modal atau surat utang. Karena itu, pilihan yang tepat bagi Anda adalah berinvestasi di reksadana. Investasi reksadana tidak menuntut Anda untuk meluangkan banyak waktu.

Hal itu lantaran uang yang dikucurkan Anda dikelola oleh seorang manajer investasi. Anda cukup mengecek sesekali saja setidaknya sekali dalam sepekan terkait perkembangan investasi reksadana yang telah digelontorkan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image