Usai Taklukkan Andalusia, Penguasa Spanyol Heran Ada Kamar Mandi di Setiap Rumah

Khazanah  

"Masyarakat Andalusia adalah umat Allah yang paling peduli terhadap kebersihan apa yang dikenakannya, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebersihan diri. Sesungguhnya di antara mereka mungkin ada yang tidak mempunyai cukup makanan untuk sehari-harinya tetapi membeli sabun untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya untuk mencuci pakaiannya agar ia dapat terlihat di hadapan orang lain dalam kondisi terbaiknya."

Dalam literatur sejarah juga diterangkan soal mengapa kamar mandi dalam bahasa Inggris disebut bathroom. Kenapa dikatakan demikian?

Muslim India Bernama Muhammad Ba'ts

Ternyata karena orang yang memperkenalkan kamar mandi ke Inggris adalah seorang Muslim India bernama Muhammad Ba'ts, sehingga tersebutlah ba'ts room sampai kemudian menjadi bathroom.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ba'ts adalah sosok yang diangkat ke istana Raja George dan William IV untuk menangani khusus urusan kebersihan. Dapat dikatakan, Inggris berutang kepada dunia Islam atas pengetahuannya tentang kamar mandi.

Muhammad Ba'ts masuk ke Inggris antara abad ke-17 dan ke-18. Dia mentransfer kreativitas umat Islam dalam membangun kamar mandi di Inggris. Selama itulah, Inggris menjadi kenal dengan sabun.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image