4 Tips Memilih Produk Asuransi Kesehatan yang Wajib Dipahami

Bisnis  
4 Tips Memilih Produk Asuransi yang Wajib Diketahui. (dok. republika)
4 Tips Memilih Produk Asuransi yang Wajib Diketahui. (dok. republika)

GENPOP -- Asuransi adalah salah satu bentuk perlindungan finansial yang perlu di miliki oleh masyarakat. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya memiliki asuransi pun semakin meningkat apalagi sejak terjadinya pandemi.

Umumnya, produk asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang cukup populer di Indonesia, berbagai macam perusahaan asuransi menawarkan manfaat pertanggungan lengkap dari cakupan lokal hingga internasional.

Berdasarkan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), minat masyarakat terhadap asuransi kesehatan paska pandemi ini pun meningkat. Per Maret 2023, tercatat premi asuransi kesehatan meningkat 22% dibandingkan per tahun 2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Senior Public Relations Qoala, perusahaan insurtech omnichannel terbesar di Asia Tenggara, Yohana Angeline, menjelaskan, asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang dapat menanggung sebagian hingga seluruh biaya perawatan jika terjadi risiko kesehatan atau penyakit dengan menjamin biaya perawatan peserta asuransi saat jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Tak hanya itu, asuransi kesehatan juga bisa membiayai biaya rawat inap dan rawat jalan termasuk obat-obatan.

"Produk asuransi kesehatan ini sebetulnya merupakan upaya proteksi finansial untuk kita agar dapat terhindar dari pengeluaran dana yang besar secara tiba-tiba dan tak terduga," ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima melalui surat elektronik.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelum kamu membeli asuransi kesehatan yang tepat untuk kamu. Inilah 4 hal yang harus kamu perhatikan baik-baik dan perlu diingat.

1. Usahakan membeli asuransi saat masih sehat dan sedini mungkin

Sangat penting untuk membeli asuransi sedini mungkin dan dalam keadaan sehat. Kebanyakan masyarakat baru membeli asuransi saat penyakit datang karena tersadar betapa mahalnya biaya pengobatan di rumah sakit.

Jika kamu membeli asuransi dalam kondisi sudah sakit, permohonan pembelian asuransi cenderung ditolak atau kamu jatuh dalam ketentuan ‘pre-existing condition‘.

Artinya, jika kamu sudah berada dalam kondisi sakit atau memiliki penyakit tertentu, pihak asuransi tidak akan memberikan tanggungan untuk penyakit-penyakit tersebut ke depan.

Pahami juga bahwa besar premi asuransi itu sangat bergantung pada cakupan perlindungan yang ditawarkan, usia nasabah atau tertanggung, riwayat medis tertanggung hingga jangka waktu perlindungan.

Di dalam asuransi kesehatan, ada ketentuan yang berlaku seperti semakin tua usia seseorang maka premi yang dibayarkan akan lebih mahal. Hal ini dikarenakan adanya berbagai risiko penyakit yang diderita ketika usia kian menua.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image