Mossad Israel Gagalkan Proyek Meriam Raksasa Saddam Husein, Takut Ditarget Irak

Khazanah  
Mossad Israel Gagalkan Proyek Meriam Raksasa Saddam Husein, Takut Ditarget Irak.

GENPOP -- Presiden Irak periode 1979-2003, Saddam Husein, dalam sejarahnya pernah berambisi membuat meriam raksasa. Dia kemudian membuat proyek pembuatan meriam terbesar di dunia yang terkenal dengan nama 'Proyek Babylon'.

Informasi lengkap mengenai proyek tersebut, siapa perancangnya dan apa tujuannya, silakan baca artikel sebelumnya, sebagai berikut:

Meriam Monster: Proyek Ambisius Saddam Husein yang Dihalangi Intelijen Israel

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun proyek tersebut gagal. Kegagalan Proyek Babylon ini bermula dari Hussein Kamel al-Majid, menantu Saddam Hussein, yang mengawasi program pengembangan senjata Irak. Masalahnya adalah, dia melarikan diri ke Yordania dan membelot dari Saddam Hussein.

Majid menyatakan, "(Meriam) itu dimaksudkan sebagai serangan jarak jauh dan juga untuk melumpuhkan satelit mata-mata. Ilmuwan kami bekerja keras. Itu dirancang untuk meledakkan proyektil di ruang angkasa yang akan menyemprotkan zat lengket ke satelit dan melumpuhkannya."

Setelah itu, tepatnya pada 22 Maret 1990, penggagas sekaligus perancang utama meriam monster Irak, Gerald Bull, dibunuh di luar apartemennya di pinggiran kota Brussel oleh orang tak dikenal yang menembakkan lima peluru dari pistol berperedam ke leher dan punggungnya. Pelaku kemudian melarikan diri.

Menurut laporan The Washington Post, tidak ada yang secara resmi menyatakan bertanggung jawab atas operasi tersebut.

Hingga kemudian, pejabat intelijen senior Israel mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan Gerald Bull karena proyek Babylon yang direncanakannya, dan juga untuk menghalangi Irak punya meriam terbesar di dunia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image