Kisah Pemukiman Dekat Masjid Al Aqsa: Dibangun Shalahuddin Al Ayyubi, Dimusnahkan Israel

Khazanah  
Kisah Pemukiman Dekat Masjid Al Aqsa: Dibangun Shalahuddin Al Ayyubi, Dimusnahkan Israel

GENPOP -- Dahulu ada pemukiman orang-orang Maroko (Maghreb) di dekat Masjid Al Aqsa. Pemukiman ini bernama Harah Al Magharibah, yang berarti Distrik Orang-Orang Maghreb atau Maroko.

Distrik tersebut dihuni orang-orang asal Maroko pada tahun 1187 M. Uniknya pemukiman ini ialah dari desainnya.

Rumah-rumah menempel dengan tembok tebal, di atasnya terdapat lengkungan, kubah, dan ruangan-ruangan kecil, serta diselingi dengan bangunan-bangunan kecil, dengan gang-gang sempit sumur dan pintu masuk kecil.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Awal mula orang-orang Maroko ada di wilayah Yerusalem dimulai pada masa menjelang Perang Hattin 1187.

Mereka mulai berbondong-bondong datang ke kota Yerusalem, untuk ikut serta dalam pertempuran antara Tentara Salib dan umat Islam yang dipimpin oleh Salahuddin Al Ayyubi, pendiri negara Ayyubiyah.

Setelah kemenangan umat Islam dalam pertempuran tersebut, sebagian besar wilayah yang diduduki Tentara Salib dibebaskan.

Lalu Shalahuddin Al Ayyubi mempertahankan pasukan dari kalangan orang Maroko yang berperang bersamanya. Persentase populasi mereka sekitar 25 persen dari total tentara yang dia pimpin.

Peran orang-orang Maghreb memang signifikan dalam menaklukkan Tentara Salib. Apalagi mereka hadir di semua lokasi, baik darat maupun laut.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image