Kisah Pemukiman Dekat Masjid Al Aqsa: Dibangun Shalahuddin Al Ayyubi, Dimusnahkan Israel

Khazanah  

Orang-orang Maghreb menetap di bagian barat daya Tembok Buraq, yang dianggap sebagai daerah yang mudah dijangkau musuh.

Shalahuddin Al Ayyubi berkata, "Di sana aku tempatkan orang-orang yang berjuang di darat maupun laut. Dan aku titipkan kepada mereka masjid suci dan kota ini."

Pada masa pemerintahan Raja Al Afdal Nur Al Din Al Hakam, banyak fasilitas lain yang dibangun di dalam Harah Al Magharibah, termasuk sekolah dan masjid.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lalu pada tahun 1300, berubah menjadi tempat yang ramai dikunjungi penduduk yang berasal dari Maroko, untuk tujuan pendidikan dan ziarah.

Pada masa pemerintahan Ottoman, daerah tersebut terus eksis dan bahkan berkembang lebih pesat secara intelektual, ilmiah, dan religius. Sampai menarik perhatian para cendekiawan, pemikir, dan ulama, termasuk syekh sufi, peziarah, pedagang, dan lainnya.

Karena banyaknya orang yang masuk ke sana, Ottoman membuat beberapa perubahan dalam penampilan dan luas lingkungan Harah Al Magharibah, dengan menghilangkan gerbang utamanya, dan membangun gerbang yang jauh lebih besar.

Sehingga mengarah langsung ke Masjidil Haram, dengan perluasan alun-alun menjadi alun-alun luar, yang kemudian disebut "Al Magharib Al Baraniyya".

Selama bertahun-tahun, orang-orang dari Tunisia, Libya, Maroko, dan Aljazair terus berbondong-bondong ke kota Yerusalem. Selama itulah orang-orang dari Tunisia, Libya, Maghreb, dan Aljazair menetap di lingkungan Maghreb.

Bertahun-tahun sebelum tirai kisah sejarah Harah Al Magharibah ditutup sepenuhnya, tepatnya pada tahun 1955, Raja Mohammed V dari Maroko saat itu mengeluarkan keputusan untuk mendirikan rumah sakit di sana. Untuk memberikan layanan kesehatan berkualitas tinggi kepada masyarakatdi sana.

Rumah sakit ini secara resmi dibuka pada tanggal 14 Juli 1956, di hadapan Menteri Luar Negeri Maroko yang saat itu ditunjuk, Abdelkhalek Touras, dan disebut Rumah Sakit Maroko.

Rumah sakit ini memberikan banyak layanan kesehatan gratis kepada penduduk lingkungan sekitar dan lingkungan terdekat lainnya, termasuk departemen darurat, bedah, penyakit dalam, wanita, bersalin, dan anak-anak.

Rumah sakit ini juga dilengkapi dengan peralatan dan peralatan medis terkini yang dapat disediakan, dengan staf medis, keperawatan, apoteker dan teknis yang sebagian besar berasal dari Maroko.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image