Investor Ritel Mampu Mengalahkan 'Bandar' di Bursa Saham Wall Street AS

Bisnis  
Kisah Investor Ritel Menang Melawan Bandar di Bursa Saham Wall Street AS.
Kisah Investor Ritel Menang Melawan Bandar di Bursa Saham Wall Street AS.

GENPOP -- Pada awal tahun 2021, ada sekelompok investor ritel yang dipimpin oleh seorang ayah asal Massachusetts AS, berjuluk Roaring Kitty atau DeepF---ingValue. Mereka bermain saham di bursa Wall Street.

Nama asli dari Roaring Kitty ini adalah Keith Gill. Mereka, para investor ritel itu, menghadapi raksasa Wall Street dan berhasil menjatuhkan investor institusi di bursa saham hingga tersungkur dalam kerugian pada saham Gamestop.

Mereka yang cuan dari saham Gamestop adalah para investor ritel yang dipimpin melalui analisa jenius Keith Gill.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Keberhasilan para investor ritel dalam menaikkan saham Gamestop tak lepas dari peran Keith Gill, dan ini menjadi catatan bersejarah di bursa saham Amerika Serikat, Wall Street.

Keith Gill adalah mantan analis keuangan yang berjasa meningkatkan lonjakan saham GameStop pada akhir tahun 2020 (saat pandemi Covid-19), dengan menggunakan akun YouTube-nya (sebagai Roaring Kitty), dan Reddit (sebagai DeepF---ingValue, atau DFV).

Keith Gill belajar tentang investasi dan menjadi yakin bahwa saham GameStop terlalu rendah dari nilai wajarnya. Dia pun membagikan keyakinan ini kepada orang lain di Twitter (sekarang X) dengan nama pengguna RoaringKitty.

Gill awalnya membeli saham GameStop senilai 53 ribu dolar AS pada tahun 2019. Pada puncak lonjakan GameStop, saham yang dimiliki Gill bernilai 48 juta dolar AS.

Setelah itu, Gill memutuskan lepas dari kehidupan publik di tahun 2021. Tentu saja karena sudah menghasilkan uang banyak.

Gill bergabung dengan Twitter (sekarang X) pada tahun 2014 dengan menggunakan akun RoaringKitty. Dia berbagi metode untuk berburu saham dan memanfaatkan peluang investasi. Dia menekankan bahwa wawasan yang dimilikinya hanya untuk tujuan pendidikan.

Lalu Gill mulai memposting di YouTube pada tahun 2015 menggunakan akun yang sama (RoaringKitty). Dia memposting video dan streaming langsung yang membagikan “rutinitas hariannya dalam melacak saham dan melakukan riset investasi. Dan sekali lagi untuk tujuan pendidikan saja.

Kemudian pada tahun 2019, Gill bergabung dengan Reddit di bawah nama DFV, dan dia secara rutin memposting di komunitas WallStreetBets.

Di Reddit itulah, Gill menggunakan jejaring sosial ini untuk membagikan pemikirannya tentang saham GameStop. Dia menyebutkan bahwa harga saham Gamestop terlalu rendah.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image