Tips Main Saham Bagi Pemula

Bisnis  

2. Beli Saham Blue Chip

Langkah berikutnya dari tips main saham ini adalah memulai dengan membeli saham blue chip. Kenapa harus saham blue chip?

Karena saham itulah yang paling terjamin kualitas dan kinerja bisnisnya. Saham blue chip sendiri merupakan saham perusahaan yang menguasai atau memimpin pasar di sektornya sehingga memiliki kinerja bisnis yang bagus. Kalau pun sahamnya turun, tentu akan lebih mudah untuk pulih dan naik lagi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kita ambil contoh. Emiten yang bergerak di bidang consumer adalah Indofood (INDF), dan siapa yang tidak kenal dengan produk produk Indofood?

Tentu semua orang mengenalnya, sehingga perusahaan Indofood termasuk di antara pemimpin pasar di sektor consumer di Indonesia. Karena itu, saham INDF juga termasuk saham blue chip.

Adapun contoh saham blue chip selain INDF, di antaranya adalah saham Telkom (TLKM), Bank BCA (BBCA), Bank BRI (BBRI), Unilever (UNVR), dan Japfa (JPFA). Emiten terakhir adalah market leader penyedia pakan ternak di Indonesia.

3. Analisis Fundamental Perusahaan

Selanjutnya tentang pentingnya melakukan analisis fundamental terhadap suatu perusahaan. Caranya adalah dengan membaca laporan kinerja keuangan perusahaan tersebut.

Kamu perlu memulai belajar dan mengetahui bagaimana pertumbuhan perusahaan selama 5 tahun terakhir, berapa laba bersihnya, siapa saja dan kenali deretan orang yang duduk di kursi direksi dan komisarisnya, dan rencana proyek apa saja yang akan dikembangkan oleh perusahaan.

Aspek-aspek tersebut harus diamati dengan seksama untuk melihat secara tepat bagaimana fundamental perusahaan.

Itulah penjelasan tentang cara bermain saham dengan modal 100 ribu. GenPop akan terus mengulas segala hal tentang dunia saham. Artikel ini hanya secuil dari segala hal yang akan dijelaskan di waktu-waktu selanjutnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image